Grup proses
•Dalam Manajemen Proyek terdapat sejumlah proses yang saling berkaitan
•Tiap-tiap proses tersebut membentuk suatu group proses
•Dalam manajemen proyek terdapat 5 group proses yaitu :
– Inisiasi Proyek - Kontrol Proyek
– Perencanaan Proyek - Penutupan/akhir
– Eksekusi Proyek proyek
•Dalam inisiasi proyek dilakukan sebuah pendefinisian proyek
•Perencanaan. Mendefinisikan dan merinci tujuan proyek, serta merencanakan aktivitas-aktivitas
yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan proyek, sesuai dengan batasan yang telah disepakati
di dalam inisiasi proyek.
•Eksekusi. Mengintregasikan semua sumber daya yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan
proyek, dengan melaksanakan apa yang telah direncanakan.
•Kontrol. Mengukur dan memonitor secara berkala kemajuan proyek serta mengidentifikasi adanya
penyelewengan pelaksanaan dari rencana yang sudah dibuat sebelumnya.
•Akhir. Melakukan formalisasi hasil proyek, berupa produk, servis, ataupun hasil khusus dari proyek
Hubungan antara Grup proses dan area Knowledge
Knowledge berperan penting dalam sebuah manajemen proyek terutama dalam pengawasan grup proses manajemen proyek. Dimana grup proses adalah suatu rencana demi kelancaraan proyek agar lebih mudah dalam memulai proyek dan tugas knowledge ialah memonitor segala hal dari berbagai aspek yang terjadi didalam grup proses.
Baca SelengkapnyaStudi kasus : JWD consulting project manejemen intranet site
•Inisiasi Proses :
input:
1. estimasi biaya
2. requirement project
3. potential risk
4. schedule estimate
output:
1. project charter
2. Assignment if the project mNger
3. Clarification of constraint
4. A list of assumptions
•Perencanaan Proyek/Planing :
Input:
1. Menyiapkan kontrak tim
2. Menyiapkan scope
3. Menyiapkan WBS
4. Menyiapkan cost dan schedule
Output:
1. Terbentuk kontrak
2. terdefinisinya rencana kerja, ruang lingkup, dan rencana biaya (anggaranproyek)
•Eksekusi Proyek :
input:
1.Survey
2.User input
3.Data
4.Source code program
output:
1.Intranet site design
2.Intranet site content
3.Intranet site testing
4.Intranet site promotion
•Kontrol Proyek :
Input:
1.Data/laporan dari setiap bagian proyek
2.Masukan/pendapat dari senior consultant
3.Laporan dari pengawas proyek
Output:
1.Status report
•Akhir Proyek / Penutupan :
input :
1.Menyiapkan final project report
2.Menyiapkan final project presentation
3.Lesson learned
4.Group proses yang sebelumnya telah tuntas
output :
1.intranet site
2.final persentation
3.final documentation
Inisiasi Proyek
Inisiasi proyek merupakan tahap awal kegiatan proyek sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan. Pada tahap ini, permasalahan yang ingin diselesaikan akan diidentifiasi. Beberapa pilihan solusi untuk menyelesaikan permasalahan juga didefinisikan. Sebuah studi kelayakan dapat dilakukan untuk memilih sebuah solusi yang memiliki kemungkinan terbesar untuk direkomendasikan sebagai solusi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Ketika sebuah solusi telah ditetapkan, maka seorang manajer proyek akan ditunjuk sehingga tim proyek dapat dibentuk dan berakhir ketika manajer proyek diberikan otoritas juga petunjuk untuk memulai perencanaan.
Rencana Proyek
Adalah sebuah kerangka gagasan – gagasan dalam menjalankan sebuah manajemen proyek dan demi mensukseskan apa yang menjadi tujuan manajemen proyek itu dibuat.
Eksekusi Proyek dan Pengawasan Proyek
Dengan definisi proyek yang jelas dan terperinci, maka aktivitas proyek siap untuk memasuki tahap eksekusi atau pelaksanaan proyek. Pada tahap ini, deliverables atau tujuan proyek secara fisik akan dibangun. Seluruh aktivitas yang terdapat dalam dokumentasi project plan akan dieksekusi. Sementara kegiatan pengembangan berlangsung, beberapa proses manajemen perlu dilakukan guna memantau dan mengontrol pelaksanaan proyek jugapenyelesaian deliverables sebagai hasil akhir proyek.
SUMBER: http://iiam.blogdetik.com/2011/10/16/grup-proses-manajemen-proyek/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar